Monday, December 3, 2018

PROPOSAL KERJASAMA PERCETAKAN SIZER


         PENDAHULUAN

Di dalam era modern yang mengarah kepada teknologi komunikasi ini sangat sulit untuk mencari lapangan kerja yang kiranya dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Peluang usaha yang semakin sempit juga merupakan salah satu faktor penyebab begitu banyaknya pengangguran. Oleh sebab itu, sebagai generasi muda yang berlatarbelakang desain grafis, saya merasa terpanggil, dengan melihat lambatnya perkembangan wirausaha baru yang berlatar belakng wiraswasta, dan sedikitnya para pengusaha kreatif tersebut yang benar-benar menegakan prinsip-prinsip bisnis atau konsep kreatifitas dalam menjalankan usahanya. maka dari itu, demi membangun gerakan Pengusaha Kreatif, agar kaum Pemuda dan Pemudi bisa mengusai pasar nasional bahkan internasional, serta guna mengurangi tingkat pengangguran yang semakin meningkat dari tahun ke tahun dan dengan membidik kesempatan dan peluang kerja, maka tepat kiranya saya membuka sebuah usaha kecil dan menengah. Adapun yang saya rencanakan adalah usaha “Percetakan Offset dan Digital (Digital Printing)” yang mana bidang usaha ini punya prospek bagus dan jangka panjang.

        LATAR BELAKANG

Semakin canggihnya teknologi komunikasi terutama di bidang percetakan modern maka setiap perusahaan, perkantoran, sarana pendidikan dan lain sebagainya akan memerlukan jasa percetakan guna mensosialisasikan kegiatan-kegiatan mereka atau mempromosikan produk usaha mereka kepada masyarakat di daerah tersebut. Tentunya di daerah – daerah di luar kota masih sangat sedikit masyarakat yang mengetahui tentang bisnis percetakan digital ini, sehingga saya berinisiatif untuk membuat suatu usaha percetakan modern  yang saya beri nama Percetakan Sizer. Usaha percetakan digital ini memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya. Karena selama kepemerintahan atau dunia pendidikan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) ini terus berjalan dan bertambah, maka keberdaan usahan percetakan ini akan selalu dibutuhkan oleh meraka, sebagai mitra mereka utuk memenuhi kebutuhan advertising atau promosi usaha mereka. Diharapkan dengan adanya usaha ini akan mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat yang kreatif dalam bidang ini, sehingga ilmu yang telah didapat di perguruan tinggi mampu mereka pergunakan secara maksimal di usaha bisnis saya ini guna mempermudah media komunikasi dalam masyarakat.
Alhamdulillah, usaha saya ini sudah mulai berjalan dari setahun yang lalu, tepatnya Bulan Oktober 2013, berawal dari nombel dengan join kantor dengan sahabat saya yang sudah lebih dulu usaha percetakan, kemudian saya juga menjalkan usaha ini dengan pemasran online dengan membuat website atau blog untuk memasarkan produknya. Alhamdulillah berjalan dengan baik dan membuka peluang prospek pasar yang menjannjiakan.
Maka dari itu, saya berkeinginan untuk memperbesar dan mengembankan usaha ini, agar bisa ekspansi pasar dengan luas.

    C.MAKSUD DAN TUJUAN

  1.    Mengurangi tingkat pengangguran.
  2.    Menciptakan lapangan pekerjaan.
  3.    Membuka peluang usaha.
  4.    Menegakan Kosnsep Kreatif (Prinsip-prinsip Bisnis Desain)
  5.    Membantu mensukseskan GERAKAN PENGUSAHA MUDA KREATIF

         FROFIL USAHA 

        .    Nama Usaha 


-  Filosofi:

  SIZER     : Selain ini punya arti sifat besar bagi saya dikarenakan nama tersebut adalah perpaduan
                       dari kedua anak saya yang bernama Shyla dan Zira

   b .    Alamat Usaha
Alamat usaha sementara kami sekarng di:
Jl. Raya Cicalengka Majalaya KM.1 Kp. Andir Rt. 04/012 Ds. Cikuya  Cicalengka Bandung 40395

   c.    Profil Pemilik Usaha
 

Nama
: Hendy Suprandani
Tempat & Tgl lahir
: Jakarta, 11 Juni 1985
Alamat Rumah
: Jl. Raya Cicalengka Majalaya KM.1 Kp.        Andir Rt. 04/012 Ds. Cikuya  Cicalengka Bandung 40395
Alamat Tinggal
: Jl. Raya Cicalengka Majalaya KM.1 Kp. Andir Rt. 04/012 Ds. Cikuya  Cicalengka Bandung 40395
No HP
081320306208
Email
staffsizer@gmail.com
Agama
: Islam
Riwayat Pendidikan Formal:
1.    SDN Cikampek Kota 1
2.    SMPN 95 Jakarta
3.    SMU Wiyata Mandala.  
Riwayat Pendidikan Non Formal:
1.      -
Pengalaman Oraganisasi:
1.      Assosiasi Marketing Indonesi (AMI) 2002
2.      Pendiri dari Entertain School Bisnis (E-School)
2.    Bisnis Mitra Berniaga ( BMB ) 2003
3.    Honda Verza Riders Sumedang (HVRS)2015
      Pendiri Dari Target Managemant Bisnis Anak Kreatif (TEMBAK) 2016



    
   d .    Visi dan Misi

Visi :

Memberikan pelayanan yang terbaik dengen mengutamakan mutu, biaya dan waktu, guna memberikan kepuasan pelanggan sehingga menjadi sebuah perusahaan yang dikenal dan mampu berkompetisi dengan perusahaan nasional diseluruh Indonesia maupun dengan perusahaan multi-nasional di waktu yang akan datang.



 e. Misi:

   1 .    Menciptakan konsep design yang inovatif dan kreatif
   2 .    Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan
  3.  Menjalin hubungan dan kerja sama yang baik melalui integritas, kepercayaan dan kesempatan bersama serta sesui dengan perinsip-prinsi Islam
  4.Memberikan layanan berupa perbaikan dan pemeliharaan atas hasil kerja nutuk memenuhi kesepakatan kerja sama sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

    E.     ASPEK MANAJEMEN
  
   a .    Planing

Dengan melihat situasi sekarang ini usaha yang saya buat sangat berpengaruh terhadap cara berkomunikasi moderen saat ini yang sering menggunakan media digital sebagai alat penyampaiannya. Sibuknya masyarakat terhadap pekerjaannya mengakibatkan kurangnya komunikasi langsung terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga informasi yang bersifat umum jarang mereka terima. Solusinya media komunikasi dalam bentuk percetakan digital yang biasa berukuran sangat besar ditempatkan pada tempat-tempat umum agar dapat dibaca oleh khalayak ramai. Tentunya usaha ini sangat membantu mereka yang menginginkan informasi seputar kegiatan-kegiatan suatu instansi.

 
   b .    Organizing

Usaha ini akan dilakukan oleh 3 orang pegawai dengan spesifikasi sebagai berikut : D3 IT 1 orang, lulusan SMK dengan jurusan Administrasi 1 orang, D3 Desain Grafis 1 orang sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara maksimal dan hasil tetap optimal.

   c .    Actually

Usaha ini buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 WIB.

   d .    Controlling

Setiap minggu diadakan evaluasi bersama pegawai untuk membahas pengeluaran dan pemasukan serta merekondisikan alat-alat cetak agar tetap terjaga kualitas hasil yang dicetak. Tidak lupa juga untuk membersihkan unit komputer dari virus-virus yang dapat menggangu atau merusak sistem aplikasi komputer. Sharing (berbagi) kepada pegawai untuk bersama-sama memajukan usaha agar mendapat laba yang lebih dengan cara mempromosikan usaha kami.


    F.      ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)

Saya sendiri disini sebagai pemimpin tunggal usaha percetakan digital ini yang memiliki 3 pegawai terdiri dari :   
   1 .    Lulusan SMK jurusan Administrasi sebagai Kasir.
   2 .    D3 Desain Grafis sebagai Editor Operasional.
   3 .    D3 IT sebagai Operator Operasional.          

    G .     ASPEK PRODUK DAN PRODUKSI

a.   Produk


  • 1.      Percetakan opset : Company Profile, Majalah, Brosur, Buku, Kop Surat, Invoice, Continues Form, Kartu Nama, Hang Tag, Flier, Kalender, Agenda, BTS, Buletin, Amplop, Annual Report, Dan Macam Cetak Lainnya.
    2.      Digital Print : Vynil Flexi (Out Door / In Door), Sticker (Frontlite, Backlite, One Way, Sunblast), Photo Paper, Satin, Backlite Vynil, Duratans,
    3.      In Door Promotion : Display Product, Stand Pameran, Branding Outlet, X Banner, Roll Up Banner, Hanging Banner, Sticker Kaca, Dll 
    4.      Out Door Promotion : Bilboard, Neon Box, Abliho, Banner, Spanduk (Vynil, Kain), Neon Sign, Font Embos, Tower Sign/Pylon, Sign Board, Mobile / Car Branding, Dll.
    5.      Marchendise : Mug, Dus Kemasan (Dusbox), Paper Bag, Jam Dingding, Payung, Handuk, Tas, Kaos, Kemeja, dll. 
b. Peralatan/Mesin

Alat-alat yang akan saya gunakan untuk mempermudah kegiatan produksi antara lain :
1.    Mesin Printer Canon dengan, digunakan untuk mencetak hasil yang diinginkan para konsumen.
2.    Mesin Sablon DTG, Ddigunakan untuk mencetak atau sablon kaos syitem printing.
3.    Komputer sebanyak 3 unit, digunakan untuk proses aditing serta menghubungkan antara komputer dan mesin cetak.
4.    Mesin kasir sebanyak 1 unit, digunakan oleh pegawai kasir untuk memudahkan proses pembayaran dan mesin kasir ini memiliki password yang hanya diketahui pegawai kasir serta saya sendiri, tentunya keamanan sangat terjaga.
5.    Mesin Printer Digital, kami menggunakan syitem sewa /bulan.
6.    Mesin Offset; kami menggunakan mesin punya para Pengusaha jasa mesin cetak  ( dengan system ongkos cetak).
7.    Mesin Finishing (mesin laminasi, pond, dan emboss); kami menggunakan mesin punya para Pengusaha jasa mesin cetak  ( system ongkos jasa).

    b .    Bahan

       Bahan-bahan yang akan saya gunakan untuk usaha ini antara lain :
1.      Tinta warna.
2.      Tinta hitam.
3.      Kaos polos
4.      Kertas HVS A4 2 rim
5.      Kertas HVS F4 2 rim
6.      Kertas ArtPaper Plano (79 x106cm) 1 rim
7.      Kertas ArtCarton (79 x106cm) 1 rim
8.      Kertas Duplek (79 x106cm) 1 rim
9.      Dll.
 
     H.     ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

Usaha Percetakan merupakan usaha yang memeliki prospek pasar yang sangat luas, hampir seluruh elemen masyakat membutuhakan jasa pecetakan. Diantara prospek pasar yang membutuhakna jasa  kami:
1.    Lembaga Kepemerintahan (dari Kelurahan sama Pemerintah Pusat)
2.    Lembaga Pendidikan (dari TK sampai Perguruan Tinggi
3.    Perusahan Kecil Menengah
4.    Perusahan – Perusahan Besar
5.    Organisasi Swadaya Masyrakat
6.    Dll.

Dalam dunia usaha, salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan perolehan omzet penjualan yang relatif tinggi adalah penerapan strategi bisnis, oleh sebab itu, bagi mereka yang tengah terjun dalam dunia usaha percetakan perlu memiliki strategi  bisnis usaha percetakan yang mantap. Berikut Strategi Sedehana kami:

1.    Kualitas Produk, ini prinsip paling dasar dalam strategi usaha percetakan yang mantap.Untuk memenuhi kualitas yang baik, tentu pilihan untuk tidak membanting
2.    harga adalah pilihan yang tepat, sebab pada kenyataannya para pemesan lebih memilih harga yang agak malah sedikit mahal tapi kualitas yang lebih baik.
3.    Lokasi Strategis, lokasi memang penting dalam strategi usaha percetakan yang ampuh. Lokasi usaha kami terletak di pinggir jalan, yaitu di Jl. Raya Cicalengka Majalaya
4.    Harga yang tepat, tak hanya produk yang berkualitas yang jadi prioritas, melaikan memberikan harga yang tepat ini juga merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Harga yang tepat sesuai dengan kualitas produk dan harapan konsumen ini menjadi strategi yang ampuh untuk kelangsungan pasar. Baik itu dengan cara memberikan harga net special, promo diskon, dll.
5.    Promosi, maka langkah selanjutnya setelah 3 point di atas terpenuhi, ini harus melakukan promosi,  baik promosi melalui media cetak, seperti brosur, iklan di Koran, dll. atau pun juga melalui media social (Online) seperti; FansPag FB. Twitter, Blog, Website, dll. Semuanya ini sangat penting karena ini sudah banyak terbukti efektif. Media Online yang kami sudah punya diantaranya, FB, Twitter, Instagram, WA, BBM, DLL


     I.        PENAWARAN INVESTASI

   a .      Langkah – Langkah Menjadi Investor

1.    Presentasi Bisnis
2.    Isi Formulir Calon Investor
3.    Pembayaran Comitment Fee
4.    Survey Lokasi Usaha
5.    Penjelasan Operasional Usaha
6.    Penandatanganan MOU
7.    Pembayaran Pelunasan Ivestasi 100%      
 
   b .    Syarat Dan Ketentuan

Sistem Investasi yang kita tawarkan ini adalah dengan system Mudhorobah (bagi Hasil) dengan nisbah 40% (Pengelola) : 60% (investor), Kontrak selama 3 tahun.

   c .    Nilai Investasi Dan Rinciannya

Nilai Investasi yang kami tawarakan sebesar Rp 426.575.000,-
Terbilang: Empat Ratus Dua Puluh Enam Juta Lima Ratus Tuju Puluh Lima Ribu Rupiah
Ada pun rinciannya sebagai berikut

1.    Modal Jangka Panjang                                                   : Rp 407.000.000,-
    2.   Modal Jangka Menengah                                               : Rp 19.575.000,- 

d. Modal Jangka Panjang  

NO
NAMA
BANYAK/LAMA PAKAI
HARGA@
JUMLAH
1
Mesin sepanduk out door
1 Unit/6 Tahun
Rp. 260.000.000,-
Rp. 260.000.000,-
2
Mesin Laser A3+
1 Unit/6 Tahun
Rp.125.000.000,-
Rp.125.000.000,-

3
Printer Epson DTG
1 Unit/5 Tahun
Rp. 15.000.000.-
Rp. 15.000.000.-
4
Komputer
2 Unit/7 Tahun
Rp 3.500.000,-
Rp 7.000.000,-
Total
Rp 407.000.000,-


 
 
e. .Modal Jangka Menengah



   
NO
NAMA
Qtty/Lama Pakai
HARGA
1
Gaji Pegawai Bulan
Pertama
3 Orang/Bulan
Rp 6.000.000,-
2
Paket Tinta Mesin Sablon DTG + Tinta Cleaning
1 Liter/Bulan
Rp 1.400.000,-
3
Kaos Polos (Gelap)
100/Bulan (@29.000)
Rp 2.900.000,-
4
Kaos Polos (Terang)
100/Bulan (@27.000)
Rp 2.700.000,-
5
Tinta Warna
5 Kaleng/5 Bulan
Rp 250.000,-
6
Tinta Hitam
5 Kaleng/5 Bulan
Rp 250.000,-
7
Kertas A4
3 Rim/2 Bulan
Rp 75.000,-
8
Kertas F4
3 Rim/2 Bulan
Rp 75.000,-
9
Kertas ArtPaper (79x109) 120grm
1Rim/2bulan
Rp 570.000,-
10
Kertas ArtCarton (79x109) 260 grm
1Rim/3bulan
Rp 1.570.000,-
11
Kertas Duplex (79x109)
301grm
1Rim/1bulan
Rp 810.000,-
12
Biaya Laminating Glossy
1000 lembar A4/1bulan
Rp. 390.000,-
13
Biaya Laminating Doff
1000 lembar A4/1bulan
Rp. 465.000,-
14
Ongkos Finishing
(Pond/Cuting)
3 Rim Plano/1bulan
Rp 200.000,-
Total
Rp 17.655.000,-






Modal Jangka Pendek

NAMA
BANYAK/LAMA PAKAI
Harga/hari
Harga/Bln (25 Hari)
Konsumsi Pegawai
4 x 2 Kali/Hari
Rp 80.000,-
Rp 1.920.000,-

    

      J.   SIMULASI DAN PERHITUNGAN PENDAPATAN

  a . Perhitunagn Pendapatan Rata-rata Per Bulan Dengan Mesin yang kami butuhkan Saat ini (Pendapatan Terkecil)

Print Laser Color A3+
   1 .      Clik charge per lembar                        : Rp. 2.000 ( Color ), Rp. 110 (BW)
   2 .      Listrik 2200 Wat                                 : Rp. 1.000.000/bln 15.000 Lembar = Rp. 67
   3 .      Tenaga                                                  : Rp. 1.500.000/bln 15.000 Lembar = Rp. 100
Total modal tiap lembar (belum kertas) A3 Color = Rp. 21675 / Lembar
Total modal tiap lembar (belum kertas) A3 BW = Rp.277 / Lembar Pendapatan 

   a. Pendapatan color rata-rata target penjualan 10.000 Lembar/bln harga jual ART Paper 12-150 gsm Rp. 4.000 = Jumlah 6.000 x Rp. 4000 = Rp. 24.000.000,-/bln. Sedangkan harga jual ART paper 210-260 GSM Rp.5.000,- = Jumlah 3.000 x Rp.5.000,- = Rp. 15.000.000.-/bln. Harga jual sticker Rp. 7.000,-= Jumlah 1.000,-x Rp. 7.000,-= Rp. 7.000.000,-/bln. Total pendapatan color tiap bulan Rp. 46.000.000,-
   
   b .Pendapatan BW rata-rata target penjualan 5.000 Lembar / Bulan. Harga jual HVS BW A4 80GSM Rp.500,-= Jumlah 4.000 x Rp.500 = 2.000.000,-/bln. Harga jual HVS BW A3 80GSM Rp. 1000,-= Jumlah 1.000 x Rp. 1.000 = Rp. 1.000.000,-/bln. Total pendapatan color tiap bulan Rp. 3.000.000,- . total pendapatan keseluruhan Rp. 49.000.000,-
Pengeluaran
   c. Pengeluaran tetap (Fix Cost) pemakaian 15.000 Lembar/Lembar color = Jumlah 10.000 x Rp. 21675 = Rp. 21.675.000,-/Bulan BW Jumlah 5.000 x Rp. 277,- Rp. 1.385.000,-/Bulan Total pengeluaran Tetap = Rp. 23.060.000,-
   d . Pengeluaran bahan baku kertas AP 120-150 Rp. 350 = Jumlah 6.000 x Rp. 350 = Rp.  2.100.000,-/Bulan Modal kertas AP 210-260 Rp. 700 = Jumlah 3.000 x Rp. 700,= Rp.2.100.000,-/bulan. Modal kertas sticker Rp. 1.100 = Jumlah 1.000 x Rp. 1.100,-= 1.100.000/Bulan Total pengeluaran Bahan baku Rp. 5.300.000,-/ bulan
-          Total pengeluaran tetap + Bahan Baku = Rp. 28.360.000,-
Keuntungan Profit
Laba bersih Rp. 49.000.000, - Rp. 28.360.000,- = Rp. 20.640.000/bulan


Mesin Outdoor Banner
   a .       Print Banner
1.      Tinta : Rp. 1.100/m
2.      Listrik 2200 watt : Rp.2.000.000/bulan : 3000 meter = Rp.666
3.      Tenaga : Rp.1.500/bulan : 300 meter = Rp. 500
4.      Bahan Baku = Rp. 5.500/ meter
Total modal tiap Meter = Rp.. 8.766,-/meter
Pendapatan
Pendapatan banner target penjualan 100 meter / hari x 30 hari = 3000 meter
Harga jual permeter Rp.15000 = jumlah 3.000 x Rp. 15.000,- = 45.000.000.-/bulan
Total pendapatan tiap bulan Rp. 45.000.000
Pengeluaran
Pengeluaran Tetap (Fix Cost )pemakaian Rp. 8.766 x 3000 = Rp. 26.298.000,-
Keuntungan / Profit
Laba bersih : Rp. 45.000.000, - Rp. 26.298.000, = Rp. 18.702.000,-/bulan


   b.      Perhitungan Royalty : (Bila dihitung per bulan)

Dengan nisbah bagi hasil 40:60 (Pengelola : Investor).
Rumus: Laba kotor – (modal jangka menengah + modal jangka pendek) = laba bersih



    - Pendapatan gross/laba kotor
= Rp 94.000.000,-
    - Modal Jangka Menengah
= Rp 54.658.000,-
    - Modal Jangka Pendek
= Rp   1.920.000,-
Royalti (laba) Total
= Rp 37.422.000,- (per bulan)
Royalty Pengelola (40%)
= Rp 14.968.800,-
Royalty Investor (60%)
= Rp 22.453.200,-


Maka estimasi total royalty investor selama 3 tahun adalah:
= Rp 22.453.200,- X 36 Bulan : Rp 808.315.200,-

 
    

   a .      Break Event Point (BEP) Untuk Investor

    - Nilai Investasi
=  Rp 426.575.000,--
    - Laba Per Bulan
= Rp   22.453.200,-

-   Break Event Point
= 12 Bulan (Paling Cepat)



     







        PENUTUP

Harapan saya kedepannya, bukan hal yang tidak mungkin bagi saya untuk membuka dan mengembangkan usaha percetakan offset dan digital printing tersebut. Ini sudah menjadi bagian dari impian saya, dan dengan bermodal semangat mandiri berwirausaha, suatu saat jika modal telah terkumpul, saya akan membuka usaha percetakan offset dan digital printing ini di kota - kota berkembang dan dapat berekspansi ke luar daerah lainnya. Seiring pesatnya teknologi media komunikasi, bukan mustahil untuk memajukan daerah terpencil dalam bidang media komunikasi ini. Dengan demikian peluang kerja pun bertambah di daerah tersebut, sehingga mengurangi angka pengangguran yang ada.
Itulah rencana badan usaha yang akan saya buat, jika kesempatan itu terbuka lebar untuk saya. Semoga proposal ini dapat ditindaklanjuti dan menjadi washilah ibadah mencari rizky dan ridha Allah. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan banyak terima kasih.


CATATAN :
Bilamana Anda tertarik untuk bekerjasama dengan kami anda bisa hubungi kami atau anda bisa langsung datang langsung ke tempat kami kuntuk membahas lebih lanjut lagi, untuk anda anda mengetahui lokasi kami anda bisa langsung klik HALAMAN FACEBOOK kami ini disana nomer tlp alamat dan kegiatan kami di phosting 







     Jangan pernah mau berinvestasi sebelum anda mengetahui dan memahami bisnis tersebu dan jangan pula tergiur dengan nilai keuntungan yang ditawarkan, dikarenakan persaingan pasar saat ini sungguh sangat menarik. untuk itu kami mengajak anda untuk bertatap muka dan melihat pendapatan kami terlebih dahulu, bila anda sudah berminat kita berlanjut kepenandatanganan di depan notaris kedua belah pihak.

      Pertannyaan yang sering dipertannyakan
    - Mengapa saya harus berinvestasi dibidang percetakan ?
      Jawabannya : Percetakan dibutuhkan semua kalangan dari usaha kecil sampai besar sekaligus



No comments:

Post a Comment