PENDAHULUAN
Di dalam
era modern yang mengarah kepada teknologi komunikasi ini sangat sulit untuk
mencari lapangan kerja yang kiranya dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Peluang usaha yang semakin sempit juga merupakan salah satu faktor penyebab
begitu banyaknya pengangguran. Oleh sebab itu, sebagai generasi muda yang
berlatarbelakang desain grafis, saya
merasa terpanggil, dengan melihat lambatnya perkembangan wirausaha baru yang
berlatar belakng wiraswasta, dan sedikitnya
para pengusaha kreatif
tersebut yang benar-benar menegakan prinsip-prinsip bisnis atau konsep kreatifitas dalam
menjalankan usahanya. maka dari itu, demi membangun gerakan Pengusaha Kreatif, agar
kaum Pemuda dan Pemudi bisa
mengusai pasar nasional bahkan internasional, serta guna mengurangi tingkat
pengangguran yang semakin meningkat dari tahun ke tahun dan dengan membidik
kesempatan dan peluang kerja, maka tepat kiranya saya membuka sebuah usaha
kecil dan menengah. Adapun yang saya rencanakan adalah usaha “Percetakan Offset
dan Digital (Digital Printing)” yang mana bidang usaha ini punya prospek bagus
dan jangka panjang.
LATAR BELAKANG
Semakin canggihnya teknologi komunikasi terutama di bidang
percetakan modern maka setiap perusahaan, perkantoran, sarana pendidikan dan
lain sebagainya akan memerlukan jasa percetakan guna mensosialisasikan
kegiatan-kegiatan mereka atau mempromosikan produk usaha mereka kepada
masyarakat di daerah tersebut. Tentunya di daerah – daerah di luar kota masih
sangat sedikit masyarakat yang mengetahui tentang bisnis percetakan digital
ini, sehingga saya berinisiatif untuk membuat suatu usaha percetakan
modern yang saya beri nama Percetakan Sizer. Usaha percetakan digital ini memiliki prospek yang sangat
bagus kedepannya. Karena selama kepemerintahan
atau dunia pendidikan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) ini terus berjalan dan
bertambah, maka keberdaan usahan percetakan ini akan selalu dibutuhkan oleh
meraka, sebagai mitra mereka utuk memenuhi kebutuhan
advertising atau promosi usaha mereka. Diharapkan
dengan adanya usaha ini akan mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat yang
kreatif dalam bidang ini, sehingga ilmu yang telah didapat di perguruan tinggi
mampu mereka pergunakan secara maksimal di usaha bisnis saya ini guna
mempermudah media komunikasi dalam masyarakat.
Alhamdulillah, usaha saya ini sudah mulai berjalan dari setahun
yang lalu, tepatnya Bulan Oktober 2013, berawal dari nombel dengan join kantor
dengan sahabat saya yang sudah lebih dulu usaha percetakan, kemudian saya juga
menjalkan usaha ini dengan pemasran online dengan membuat website atau blog
untuk memasarkan produknya. Alhamdulillah berjalan dengan baik dan membuka
peluang prospek pasar yang menjannjiakan.
Maka dari itu, saya berkeinginan untuk memperbesar dan
mengembankan usaha ini, agar bisa ekspansi pasar dengan luas.
C.MAKSUD DAN TUJUAN
1. Mengurangi tingkat pengangguran.
2. Menciptakan lapangan pekerjaan.
3. Membuka peluang usaha.
4. Menegakan Kosnsep Kreatif (Prinsip-prinsip Bisnis Desain)
5. Membantu mensukseskan GERAKAN PENGUSAHA MUDA KREATIF
FROFIL USAHA
.
Nama Usaha
- Filosofi:
dari kedua anak saya yang
bernama Shyla dan Zira
Alamat usaha sementara kami sekarng di:
Jl. Raya Cicalengka Majalaya KM.1 Kp.
Andir Rt. 04/012 Ds. Cikuya Cicalengka
Bandung 40395
c.
Profil Pemilik Usaha
Nama
|
: Hendy Suprandani
|
Tempat & Tgl lahir
|
: Jakarta, 11 Juni 1985
|
Alamat Rumah
|
: Jl. Raya Cicalengka Majalaya KM.1 Kp. Andir Rt. 04/012
Ds. Cikuya Cicalengka Bandung 40395
|
Alamat Tinggal
|
: Jl. Raya
Cicalengka Majalaya KM.1 Kp. Andir Rt. 04/012 Ds. Cikuya Cicalengka Bandung 40395
|
No HP
|
081320306208
|
Email
|
staffsizer@gmail.com
|
Agama
|
: Islam
|
Riwayat Pendidikan Formal:
|
1. SDN Cikampek Kota 1
2. SMPN 95 Jakarta
3. SMU Wiyata Mandala.
|
Riwayat Pendidikan Non Formal:
|
1. -
|
Pengalaman Oraganisasi:
|
1. Assosiasi Marketing Indonesi (AMI) 2002
2.
Pendiri dari Entertain School Bisnis (E-School)
2. Bisnis Mitra Berniaga ( BMB ) 2003
3. Honda Verza Riders Sumedang (HVRS)2015
Pendiri Dari Target Managemant Bisnis Anak Kreatif (TEMBAK) 2016
|
d .
Visi dan Misi
Visi :
Memberikan
pelayanan yang terbaik dengen mengutamakan mutu, biaya dan waktu, guna
memberikan kepuasan pelanggan sehingga menjadi sebuah perusahaan yang dikenal
dan mampu berkompetisi dengan perusahaan nasional diseluruh Indonesia maupun
dengan perusahaan multi-nasional di waktu yang akan datang.
e. Misi:
1 . Menciptakan
konsep design yang inovatif dan kreatif
2 . Memberikan
pelayanan yang terbaik kepada pelanggan
3. Menjalin
hubungan dan kerja sama yang baik melalui integritas, kepercayaan dan kesempatan
bersama serta sesui dengan perinsip-prinsi Islam
4.Memberikan
layanan berupa perbaikan dan pemeliharaan atas hasil kerja nutuk memenuhi
kesepakatan kerja sama sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
E.
ASPEK MANAJEMEN
a . Planing
Dengan
melihat situasi sekarang ini usaha yang saya buat sangat berpengaruh terhadap
cara berkomunikasi moderen saat ini yang sering menggunakan media digital
sebagai alat penyampaiannya. Sibuknya masyarakat terhadap pekerjaannya
mengakibatkan kurangnya komunikasi langsung terhadap lingkungan sekitarnya,
sehingga informasi yang bersifat umum jarang mereka terima. Solusinya media
komunikasi dalam bentuk percetakan digital yang biasa berukuran sangat besar
ditempatkan pada tempat-tempat umum agar dapat dibaca oleh khalayak ramai.
Tentunya usaha ini sangat membantu mereka yang menginginkan informasi seputar
kegiatan-kegiatan suatu instansi.
b . Organizing
Usaha
ini akan dilakukan oleh 3 orang pegawai dengan spesifikasi sebagai berikut : D3
IT 1 orang, lulusan SMK dengan jurusan Administrasi 1 orang, D3 Desain Grafis 1
orang sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara maksimal dan hasil tetap
optimal.
c . Actually
Usaha
ini buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 WIB.
d . Controlling
Setiap
minggu diadakan evaluasi bersama pegawai untuk membahas pengeluaran dan
pemasukan serta merekondisikan alat-alat cetak agar tetap terjaga kualitas
hasil yang dicetak. Tidak lupa juga untuk membersihkan unit komputer dari
virus-virus yang dapat menggangu atau merusak sistem aplikasi komputer. Sharing
(berbagi) kepada pegawai untuk bersama-sama memajukan usaha agar mendapat laba
yang lebih dengan cara mempromosikan usaha kami.
F.
ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
Saya
sendiri disini sebagai pemimpin tunggal usaha percetakan digital ini yang
memiliki 3 pegawai terdiri dari :
1 . Lulusan
SMK jurusan Administrasi sebagai Kasir.
2 . D3
Desain Grafis sebagai Editor Operasional.
3 . D3 IT
sebagai Operator Operasional.
G .
ASPEK PRODUK DAN PRODUKSI
a.
Produk
- 1. Percetakan opset : Company Profile, Majalah, Brosur, Buku, Kop Surat, Invoice, Continues Form, Kartu Nama, Hang Tag, Flier, Kalender, Agenda, BTS, Buletin, Amplop, Annual Report, Dan Macam Cetak Lainnya.2. Digital Print : Vynil Flexi (Out Door / In Door), Sticker (Frontlite, Backlite, One Way, Sunblast), Photo Paper, Satin, Backlite Vynil, Duratans,3. In Door Promotion : Display Product, Stand Pameran, Branding Outlet, X Banner, Roll Up Banner, Hanging Banner, Sticker Kaca, Dll4. Out Door Promotion : Bilboard, Neon Box, Abliho, Banner, Spanduk (Vynil, Kain), Neon Sign, Font Embos, Tower Sign/Pylon, Sign Board, Mobile / Car Branding, Dll.5. Marchendise : Mug, Dus Kemasan (Dusbox), Paper Bag, Jam Dingding, Payung, Handuk, Tas, Kaos, Kemeja, dll.
b. Peralatan/Mesin
Alat-alat yang akan saya gunakan untuk
mempermudah kegiatan produksi antara lain :
1.
Mesin Printer Canon dengan, digunakan untuk
mencetak hasil yang diinginkan para konsumen.
2.
Mesin Sablon DTG, Ddigunakan untuk mencetak
atau sablon kaos syitem printing.
3.
Komputer sebanyak 3 unit, digunakan untuk
proses aditing serta menghubungkan antara komputer dan mesin cetak.
4.
Mesin kasir sebanyak 1 unit, digunakan oleh
pegawai kasir untuk memudahkan proses pembayaran dan mesin kasir ini memiliki
password yang hanya diketahui pegawai kasir serta saya sendiri, tentunya
keamanan sangat terjaga.
5.
Mesin Printer Digital, kami
menggunakan syitem sewa /bulan.
6.
Mesin Offset; kami menggunakan mesin punya para
Pengusaha jasa mesin cetak ( dengan system ongkos cetak).
7.
Mesin Finishing (mesin laminasi, pond, dan
emboss); kami menggunakan mesin punya para Pengusaha jasa mesin cetak (
system ongkos jasa).
b .
Bahan
Bahan-bahan
yang akan saya gunakan untuk usaha ini antara lain :
1.
Tinta warna.
2.
Tinta hitam.
3.
Kaos polos
4.
Kertas HVS A4 2 rim
5.
Kertas HVS F4 2 rim
6.
Kertas ArtPaper Plano (79 x106cm) 1 rim
7.
Kertas ArtCarton (79 x106cm) 1 rim
8.
Kertas Duplek (79 x106cm) 1 rim
9.
Dll.
H.
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
Usaha
Percetakan merupakan usaha yang memeliki prospek pasar yang sangat luas, hampir
seluruh elemen masyakat membutuhakan jasa pecetakan. Diantara prospek pasar
yang membutuhakna jasa kami:
1. Lembaga
Kepemerintahan (dari Kelurahan sama Pemerintah Pusat)
2. Lembaga
Pendidikan (dari TK sampai Perguruan Tinggi
3. Perusahan
Kecil Menengah
4. Perusahan
– Perusahan Besar
5. Organisasi
Swadaya Masyrakat
6. Dll.
Dalam
dunia usaha, salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan perolehan
omzet penjualan yang relatif tinggi adalah penerapan strategi bisnis, oleh
sebab itu, bagi mereka yang tengah terjun dalam dunia usaha percetakan perlu
memiliki strategi bisnis usaha percetakan yang mantap. Berikut Strategi
Sedehana kami:
1. Kualitas
Produk, ini prinsip paling dasar dalam strategi usaha percetakan yang
mantap.Untuk memenuhi kualitas yang baik, tentu pilihan untuk tidak membanting
2. harga
adalah pilihan yang tepat, sebab pada kenyataannya para pemesan lebih memilih
harga yang agak malah sedikit mahal tapi kualitas yang lebih baik.
3. Lokasi
Strategis, lokasi memang penting dalam strategi usaha percetakan yang ampuh.
Lokasi usaha kami terletak di pinggir jalan, yaitu
di Jl. Raya Cicalengka
Majalaya
4. Harga
yang tepat, tak hanya produk yang berkualitas yang jadi prioritas, melaikan
memberikan harga yang tepat ini juga merupakan hal yang sangat penting untuk
dipertimbangkan. Harga yang tepat sesuai dengan kualitas produk dan harapan
konsumen ini menjadi strategi yang ampuh untuk kelangsungan pasar. Baik itu
dengan cara memberikan harga net special, promo diskon, dll.
5. Promosi,
maka langkah selanjutnya setelah 3 point di atas terpenuhi, ini harus melakukan
promosi, baik promosi melalui media cetak, seperti brosur, iklan di
Koran, dll. atau pun juga melalui media social (Online) seperti; FansPag FB.
Twitter, Blog, Website, dll. Semuanya ini sangat penting karena ini sudah
banyak terbukti efektif. Media Online yang kami sudah punya diantaranya, FB, Twitter, Instagram, WA,
BBM, DLL
I.
PENAWARAN INVESTASI
a .
Langkah – Langkah Menjadi Investor
1.
Presentasi Bisnis
2.
Isi Formulir Calon
Investor
3.
Pembayaran Comitment
Fee
4.
Survey Lokasi Usaha
5.
Penjelasan Operasional
Usaha
6.
Penandatanganan MOU
7.
Pembayaran Pelunasan
Ivestasi 100%
b .
Syarat Dan Ketentuan
Sistem Investasi yang kita tawarkan ini adalah
dengan system Mudhorobah (bagi Hasil) dengan nisbah 40% (Pengelola) : 60% (investor), Kontrak selama 3 tahun.
c . Nilai
Investasi Dan Rinciannya
Nilai Investasi yang
kami tawarakan sebesar Rp 426.575.000,-
Terbilang: Empat Ratus Dua Puluh Enam Juta Lima Ratus Tuju Puluh
Lima Ribu Rupiah
Ada pun rinciannya
sebagai berikut
1. Modal Jangka Panjang : Rp 407.000.000,-
2. Modal Jangka Menengah
: Rp
19.575.000,-
d. Modal Jangka Panjang
NO
|
NAMA
|
BANYAK/LAMA
PAKAI
|
HARGA@
|
JUMLAH
|
1
|
Mesin sepanduk out door
|
1 Unit/6 Tahun
|
Rp.
260.000.000,-
|
Rp. 260.000.000,-
|
2
|
Mesin Laser A3+
|
1 Unit/6 Tahun
|
Rp.125.000.000,-
|
Rp.125.000.000,-
|
3
|
Printer Epson DTG
|
1 Unit/5 Tahun
|
Rp.
15.000.000.-
|
Rp. 15.000.000.-
|
4
|
Komputer
|
2 Unit/7 Tahun
|
Rp 3.500.000,-
|
Rp
7.000.000,-
|
Total
|
Rp 407.000.000,-
|
e. .Modal Jangka Menengah
NO
|
NAMA
|
Qtty/Lama
Pakai
|
HARGA
|
1
|
Gaji Pegawai Bulan
Pertama
|
3 Orang/Bulan
|
Rp
6.000.000,-
|
2
|
Paket Tinta Mesin Sablon DTG + Tinta Cleaning
|
1 Liter/Bulan
|
Rp
1.400.000,-
|
3
|
Kaos Polos (Gelap)
|
100/Bulan (@29.000)
|
Rp
2.900.000,-
|
4
|
Kaos Polos (Terang)
|
100/Bulan (@27.000)
|
Rp
2.700.000,-
|
5
|
Tinta Warna
|
5 Kaleng/5 Bulan
|
Rp
250.000,-
|
6
|
Tinta Hitam
|
5 Kaleng/5 Bulan
|
Rp
250.000,-
|
7
|
Kertas A4
|
3 Rim/2 Bulan
|
Rp
75.000,-
|
8
|
Kertas F4
|
3 Rim/2 Bulan
|
Rp
75.000,-
|
9
|
Kertas ArtPaper (79x109) 120grm
|
1Rim/2bulan
|
Rp
570.000,-
|
10
|
Kertas ArtCarton (79x109) 260 grm
|
1Rim/3bulan
|
Rp
1.570.000,-
|
11
|
Kertas Duplex (79x109)
301grm
|
1Rim/1bulan
|
Rp
810.000,-
|
12
|
Biaya Laminating Glossy
|
1000 lembar A4/1bulan
|
Rp. 390.000,-
|
13
|
Biaya Laminating Doff
|
1000 lembar A4/1bulan
|
Rp. 465.000,-
|
14
|
Ongkos Finishing
(Pond/Cuting)
|
3 Rim Plano/1bulan
|
Rp 200.000,-
|
Total
|
Rp 17.655.000,-
|
Modal Jangka Pendek
NAMA
|
BANYAK/LAMA
PAKAI
|
Harga/hari
|
Harga/Bln
(25 Hari)
|
Konsumsi Pegawai
|
4 x 2 Kali/Hari
|
Rp 80.000,-
|
Rp
1.920.000,-
|
J.
SIMULASI DAN PERHITUNGAN
PENDAPATAN
a .
Perhitunagn Pendapatan Rata-rata
Per Bulan Dengan Mesin
yang kami butuhkan Saat ini (Pendapatan Terkecil)
Print Laser Color
A3+
1 .
Clik
charge per lembar
: Rp. 2.000 ( Color ), Rp. 110 (BW)
2 .
Listrik
2200 Wat
: Rp. 1.000.000/bln 15.000 Lembar = Rp. 67
3 .
Tenaga
: Rp. 1.500.000/bln 15.000 Lembar = Rp. 100
Total modal tiap
lembar (belum kertas) A3 Color = Rp. 21675 / Lembar
Total modal tiap
lembar (belum kertas) A3 BW = Rp.277 / Lembar Pendapatan
a.
Pendapatan
color rata-rata target penjualan 10.000 Lembar/bln harga jual ART Paper 12-150
gsm Rp. 4.000 = Jumlah 6.000 x Rp. 4000 = Rp. 24.000.000,-/bln. Sedangkan harga
jual ART paper 210-260 GSM Rp.5.000,- = Jumlah 3.000 x Rp.5.000,- = Rp.
15.000.000.-/bln. Harga jual sticker Rp. 7.000,-= Jumlah 1.000,-x Rp. 7.000,-=
Rp. 7.000.000,-/bln. Total pendapatan color tiap bulan Rp. 46.000.000,-
b .Pendapatan
BW rata-rata target penjualan 5.000 Lembar / Bulan. Harga jual HVS BW A4 80GSM
Rp.500,-= Jumlah 4.000 x Rp.500 = 2.000.000,-/bln. Harga jual HVS BW A3 80GSM
Rp. 1000,-= Jumlah 1.000 x Rp. 1.000 = Rp. 1.000.000,-/bln. Total pendapatan
color tiap bulan Rp. 3.000.000,- . total pendapatan keseluruhan Rp.
49.000.000,-
Pengeluaran
c.
Pengeluaran
tetap (Fix Cost) pemakaian 15.000 Lembar/Lembar color = Jumlah 10.000 x Rp.
21675 = Rp. 21.675.000,-/Bulan BW Jumlah 5.000 x Rp. 277,- Rp.
1.385.000,-/Bulan Total pengeluaran Tetap = Rp. 23.060.000,-
d . Pengeluaran
bahan baku kertas AP 120-150 Rp. 350 = Jumlah 6.000 x Rp. 350 = Rp.
2.100.000,-/Bulan Modal kertas AP 210-260 Rp. 700 = Jumlah 3.000 x Rp. 700,=
Rp.2.100.000,-/bulan. Modal kertas sticker Rp. 1.100 = Jumlah 1.000 x Rp.
1.100,-= 1.100.000/Bulan Total pengeluaran Bahan baku Rp. 5.300.000,-/ bulan
-
Total
pengeluaran tetap + Bahan Baku = Rp. 28.360.000,-
Keuntungan
Profit
Laba bersih Rp.
49.000.000, - Rp. 28.360.000,- = Rp. 20.640.000/bulan
Mesin Outdoor
Banner
a .
Print
Banner
1. Tinta : Rp.
1.100/m
2. Listrik 2200
watt : Rp.2.000.000/bulan : 3000 meter = Rp.666
3. Tenaga :
Rp.1.500/bulan : 300 meter = Rp. 500
4.
Bahan
Baku = Rp. 5.500/ meter
Total modal tiap
Meter = Rp.. 8.766,-/meter
Pendapatan
Pendapatan
banner target penjualan 100 meter / hari x 30 hari = 3000 meter
Harga jual
permeter Rp.15000 = jumlah 3.000 x Rp. 15.000,- = 45.000.000.-/bulan
Total pendapatan
tiap bulan Rp. 45.000.000
Pengeluaran
Pengeluaran
Tetap (Fix Cost )pemakaian Rp. 8.766 x 3000 = Rp. 26.298.000,-
Keuntungan /
Profit
Laba bersih :
Rp. 45.000.000, - Rp. 26.298.000, = Rp. 18.702.000,-/bulan
b.
Perhitungan Royalty : (Bila
dihitung per bulan)
Dengan nisbah bagi hasil 40:60 (Pengelola : Investor).
Rumus: Laba kotor – (modal jangka menengah +
modal jangka pendek) = laba bersih
- Pendapatan gross/laba kotor
|
= Rp 94.000.000,-
|
- Modal Jangka Menengah
|
= Rp 54.658.000,-
|
- Modal Jangka Pendek
|
= Rp 1.920.000,-
|
Royalti (laba) Total
|
= Rp 37.422.000,-
(per bulan)
|
Royalty Pengelola (40%)
|
= Rp 14.968.800,-
|
Royalty Investor (60%)
|
= Rp 22.453.200,-
|
Maka estimasi total royalty investor selama 3
tahun adalah:
= Rp 22.453.200,- X 36 Bulan : Rp 808.315.200,-
a .
Break Event Point (BEP) Untuk
Investor
- Nilai Investasi
|
= Rp 426.575.000,--
|
- Laba Per Bulan
|
= Rp 22.453.200,-
|
- Break Event Point
|
= 12 Bulan (Paling Cepat)
|
PENUTUP
Harapan
saya kedepannya, bukan hal yang tidak mungkin bagi saya untuk membuka dan
mengembangkan usaha percetakan offset dan digital printing tersebut. Ini sudah
menjadi bagian dari impian saya, dan dengan bermodal semangat mandiri
berwirausaha, suatu saat jika modal telah terkumpul, saya akan membuka usaha
percetakan offset dan digital printing ini di kota - kota berkembang dan dapat
berekspansi ke luar daerah lainnya. Seiring pesatnya teknologi media
komunikasi, bukan mustahil untuk memajukan daerah terpencil dalam bidang media
komunikasi ini. Dengan demikian peluang kerja pun bertambah di daerah tersebut,
sehingga mengurangi angka pengangguran yang ada.
Itulah
rencana badan usaha yang akan saya buat, jika kesempatan itu terbuka lebar
untuk saya. Semoga proposal ini dapat ditindaklanjuti dan menjadi washilah
ibadah mencari rizky dan ridha Allah. Atas perhatian dan kerja samanya saya
ucapkan banyak terima kasih.
CATATAN :
Bilamana Anda tertarik untuk bekerjasama dengan kami anda bisa hubungi kami atau anda bisa langsung datang langsung ke tempat kami kuntuk membahas lebih lanjut lagi, untuk anda anda mengetahui lokasi kami anda bisa langsung klik HALAMAN FACEBOOK kami ini disana nomer tlp alamat dan kegiatan kami di phosting
Jangan pernah mau berinvestasi sebelum anda mengetahui dan memahami bisnis tersebu dan jangan pula tergiur dengan nilai keuntungan yang ditawarkan, dikarenakan persaingan pasar saat ini sungguh sangat menarik. untuk itu kami mengajak anda untuk bertatap muka dan melihat pendapatan kami terlebih dahulu, bila anda sudah berminat kita berlanjut kepenandatanganan di depan notaris kedua belah pihak.
Pertannyaan yang sering dipertannyakan
- Mengapa saya harus berinvestasi dibidang percetakan ?
Jawabannya : Percetakan dibutuhkan semua kalangan dari usaha kecil sampai besar sekaligus
No comments:
Post a Comment